Penjelasan Error 404 NotFound

Penjelasan Error 404 NotFound

Penjelasan Error 404 NotFound – Internet sekarang dapat disebutkan sebagai keperluan primer manusia dimana saja ada dalam bermacam kepentingan.

Penjelasan Error 404 NotFound

Sekiranya saja kita setiap waktu buka web atau link tertentu untuk cari info. Tetapi sayang, beberapa halaman web malah tidak dapat dibuka dan ada penjelasan Error 404 NotFound.

Baca Juga: Apa Itu Google AMP

Lalu apa pemicu dan bagaimanakah cara menanganinya? Semua akan dibahas dalam beberapa poin di bawah ini.

Pemahaman istilah 404 Not Found

Di dunia tehnologi info khususnya internet, istilah Error 404 Not Found merujuk pada suatu web yang tidak dapat dibuka.

Istilah ini di dunia akademik disebutkan dengan linkrot atau link yang telah membusuk seperti disebut oleh periset dari Whitireia Community Polytechnic, Selandia Baru, Alisa Parker dalam papernya dengan judul ‘Link Rot: How the Inaccessibility of Elektronik Citations Affects the Quality of New Zealand Scholarly Literature’ seperti diambil dari Tirto.id.

Link yang telah ‘membusuk’ itu bisa diketemukan dalam referensi pada jurnal-jurnal ilmiah. Misalnya saja yang dicatat oleh Tirto.id itu ialah jurnal New Zealand of Employment Relation yang keluar dari 2002 sampai 2005, dipastikan jika 70 % link referensinya tidak dapat dibuka dan ada penampilan Error 404. Sesungguhnya apa arti dibalik angka 404 itu?

Untuk itu kita akan membahas-nya satu demi satu. Angka 4 pertama mengarah pada kekeliruan dari pemakai seperti salah masukkan code link. Sedang untuk angka 04 selanjutnya lebih merujuk pada tiadanya atau dikenali dengan syntax error.

Tetapi, beberapa orang memandang 404 merujuk pada ruangan dengan nomor 404 di mana tempat server situs pertama kali yang berada di kantor CERN. Asumsi itu tidak dapat ditegaskan dan cuman sebagai dogma. Dalam kata lain, istilah 404 itu merujuk pada gabungan code angka kekeliruan pemakai dan syntax error.

Apa pemicu Error 404 NotFound?

Pemicu Error 404 benar-benar sangat bermacam dan ini dapat ada di semua basis baik memakai Mozilla Firefox, atau Google Chrome. Terlebih jika sebuah web yang dibikin dengan memakai WordPress. Minimal ada tiga permasalahan khusus pemicu timbulnya Error 404 itu salah satunya ialah:

Salah masukkan URL

Dalam sebuah web nama URL penting untuk memudahkan penelusuran di mesin perayap. Kekeliruan masukkan nama URL memang kelihatan remeh. Tetapi ini jadi hal paling fatal hingga web yang kamu mencari tidak muncul atau keluar Error 404. Contoh dari kekeliruan ini diantaranya ialah masukkan huruf tertentu lebih satu kali. Atau kamu mungkin masukkan huruf yang keliru. Simpel kan? Tapi jika kamu kerjakan dengan terus-terusan dan tidak lakukan revisi saat masukkan URL itu, karena itu sampai kapan saja bila salah memasukkan web jadi tidak tampil.

Masalah caching

Kekeliruan ke-2 ialah ada permasalahan pada caching. Chace sendiri sebuah proses penyimpanan data sementara sebuah halaman HTML dengan arah kurangi pemakaian bandwidth dan loading server. Maka dapat disebut bila chace ini sesungguhnya merupakan tehnologi yang bermanfaat untuk tampilkan halaman sebuah web dengan bisa lebih cepat.

Ada saatnya browser yang kamu pakai lakukan caching pada suatu web yang dijangkau. Walau sebenarnya web itu tampilkan pemberitahuan tidak diketemukan. Kamu akan menyaksikan penampilan Error 404 meskipun web atau situs tersebut dapat dibuka melalui browser pemakai yang lain.

Pengaturan nama domain (DNS)

Ke-3 yang membuat suatu web tidak dapat dibuka mungkin domainnya memiliki masalah. Diantaranya ialah domain itu belum dipropagasi ke DNS. Oleh karena itu, penampilan Error 404 itu kerap ada saat kamu coba terhubung situs itu.

Propagasi domain ialah sebuah proses peralihan domain lama ke domain baru. Dalam propagasi domain umumnya memerlukan saat yang lama. Umumnya memerlukan waktu sepanjang beberapa saat bahkan juga sekian hari. Ini bergantung dari ISP yang dipakai dan saat kamu buka web tetapi yang ada ialah Error 404 bisa web itu dalam periode propagasi atau belum juga dipropagasi hingga memerlukan waktu untuk rekonsilasi.

Permasalahan Compatibility

Jika Error 404 terjadi pada web yang memakai WordPress, hal itu mungkin saja karena persoalan Compatibility. Dalam kasus tertentu, persoalan pada plugin atau topik bisa punya pengaruh pada WordPress dalam membuat URL dan permalink web. Oleh karena itu jika pengunjung terhubung URL itu tidak berperan karena permasalahan Compatibility, maka ada penampilan error pada web tersebut.

Langkah menanganinya

Walau kehadiran Error 404 ini kadang membuat kita berasa tidak nyaman, terlebih jika web itu ialah situs penting bukan bermakna tidak dapat ditangani. Ada cara-cara simpel yang dapat kerjakan dalam menangani hal itu berikut di bawah ini.

Menggunakan tools

Memeriksa link yang hancur (broken link) dengan memakai tools ialah hal yang pas buat kamu kerjakan. Tools ini saat ini banyak banyak muncul dan dapat dengan gampang kamu peroleh. Misalnya ialah Online Broken Link Checker. Feature yang ditawari oleh tools ini ialah bisa memeriksa broken link pada suatu web atau website. Disamping itu dapat memperlihatkan di mana posisi broken link yang memiliki masalah dalam suatu web. Kelebihannya ialah dapat dipakai pada Windows, Mac OS X, Linux/UNIX, dan iOS.

Bersihkan chace dan history

Timbulnya penampilan Error 404 bukan hanya tiba dari web tersebut, tapi bisa ada dari komputer-mu sendiri. Misalkan, kamu dapat buka web itu melalui handphone, tetapi saat kamu membukanya melalui computer atau netbook web yang diartikan tidak dapat disaksikan. Jalan keluar yang penting kamu kerjakan dengan kosongkan cache yang berada di browser dan membersihkan history. Ini berlaku untuk handphone kamu.

Cek kekeliruan URL

Seperti diterangkan pada point awalnya, pemicu timbulnya penampilan Error 404 ialah salah masukkan URL. Bisa kamu salah masukkan huruf atau mungkin kurang. Menanganinya, coba untuk berpindah satu tingkat directory URL itu. Kita dapat contohkan dari sebuah halaman www.contohurl.com/a/b/c.htm tidak dapat dibuka dan ada Error 404 karena itu dapat coba membukanya dengan www.contohurl.com/a/b sekiranya dan sebagainya. Jika tetap tidak dapat dibuka dapat ditegaskan halaman pada web itu tidak ada atau hancur.

Lakukan bookmark

Penampilan Error 404 dapat terjadi dalam semua web terhitung web penting sekalinya. Kecuali memeriksa kekeliruan URL untuk memperhitungkan hal itu terulang lagi kamu langsung bisa membookmark pada web yang kamu mencari itu. Maksudnya untuk menghindar kekeliruan 404 itu hingga setiap saat kamu menelusurinya langsung bisa diketemukan tak perlu berusaha susah payah menelusurinya kembali di mesin penelusuran.

Itu pemahaman berkenaan Error 404 yang kerap kamu dapatkan saat buka sebuah web dan bagaimana menanganinya. Mudah-mudahan pembahasan itu berguna dan menambahkan wacana kamu di dunia internet. Untuk internet makin lancar dan mendukung semua keperluan, kamu dapat memakai penyuplai layanan hosting internet paling dipercaya.